Cara Mencari Trafik untuk Blog Baru yang Tepat

Desember 26, 2016
Cara mencari trafik untuk sebuah blog atau website memang tidak semudah membalikan telapak tangan.

Apalagi jika blog yang bersangkutan tergolong blog baru, dimana jumlah postingan masih sangat sedikit.

Sebenarnya ini saya sadari setelah cukup lama belajar blogging, sedikit seo, dan teman-temannya.

Waktu itu ketika memulai membuat blog, dengan naifnya saya mengharapkan mendapatkan pengunjung yang banyak dari mesin pencari.

Padahal jumlah postingan masih kurang dari 10 pos, dan umur blog masih 2  minggu :(, bukannya mendapatkan pengunjung malah mendapatkan banyak pertanyaan dalam benak saya, seperti:
  1. Mengapa grafik visitor blog saya sedikit sekali ya...?
  2. Kenapa judul postingan gak muncul di halaman awal search engine...? padahal sudah di ketik 100% sama persis dengan judulnya!
  3. Kok bisa!, judul postingan milik orang lain muncul di halaman pertama google ,padahal cuma ketik 20 persen kata pada judul tersebut?
  4. Etc...
cara mencari trafik untuk blog baru

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu selalu muncul di awal saya belajar blog, mungkin kamu juga gak jauh beda seperti itu, atau saya bisa salah.

Setelah saya sadari ternyata memang sistemnya seperti itu. Sebuah blog dengan postingannya yang baru di buat memerlukan proses untuk dikenali oleh mesin pencari, gak bisa terburu-buru.

Jika dianalogikan seperti manusia, maka sebuah mesin pencari memerlukan  pengenalan juga terhadap blog baru sehingga info yang akan ditampilkan akan sesuai dengan apa yang di cari oleh pengguna.

Untuk itulah gak sembarangan juara dimesin pencari, search engine adalah bisnis sehingga wajar mereka memerlukan info yang akurat dan bagus untuk di tawarkan kepada penggunanya.

Nah, ini masalahnya. Blog baru biasanya kurang informatif dimata search engine bisa disebabkan konten yang sedikit, kualitas yang masih standar karena baru belajar nulis/membuat blog, perayapan belum terjadi, belum kenal seo, keyword asal, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara mencari trafik untuk blog yang masih baru?, berikut jabarannya;

CARA MENCARI TRAFIK BLOG BARU


Jujur ini merupakan cara saya dulu yang kemungkinan masih relevan dengan saat ini. Kamu bisa mencobanya sebagai cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog yang baru kamu buat secara aman pastinya.

Namun perlu diingat cara yang saya sebutkan ini tidak selamanya berlaku, dikarenakan perubahan seo yang terus berubah sejalan dengan waktu. Namun berdasarkan ujicoba saya, cara ini masih cukup efektif sampai sekarang.

Yang saya lakukan untuk mendapatkan pengunjung untuk blog baru saya adalah membuat sebuah akun jejaring sosial (facebook, twitter, instagram, etc) terserah kamu mau yang mana. 

Kalau saya sih salah satu dari ketiga sosial media itu, bahkan pada blog saya yang lain saya gunakan 2 sosial media (kamu tidak perlu mengikuti ini, karena membutuhkan waktu ekstra, sedikit mudah dan banyak kendalanya).

Tetapi beda individu maka akan beda juga ceritanya, kendala yang saya dapati mungkin tidak berlaku untuk kamu, namun itulah proses yang sudah saya alami dan kenyataannya memang gak gampang.

Oke, lalu bagaimana caranya supaya sosial media yang kita buat mendatangkan pengunjung untuk blog baru?


trafik blog dari sosial media

Pasti banyak yang berfikir seperti ini; buat akun > share link di sana > ada yang  klik > visitor didapat

Ternyata tidak semudah itu. Jujur, itu juga yang ada dalam pikiran saya tempo dulu. Gak salah sih, karena saya juga mendapatkannya dari blog-blog diluaran sana yang bilang seperti itu.

Kamu bisa coba, lalu perhatikan apakah berhasil mendatangkan/meningkatkan trafik atau sebalinya. Kemungkinan tidak, kemungkinan juga bisa menjaring calon pengunjung untuk klik link, namun sedikit.

Kebanyakan dari pengguna sosial media cuek, gak peduli terhadap apa yang kita share. Apalagi jika gak memberi manfaat untuk mereka, diperparah dengan kita bukan orang yang mereka kenal, gak ganteng dan gak cantik pula x_x.

Siapa yang mau klik, bodo amat emang gua pikirin. Faktanya itulah yang ada pada pikiran mereka.

Lalu bagaimana dong?

Buatlah akun sosmed baru (facebook/twitter) dengan nama sesuai nama blog kita, cari teman dan tetapkan angka maksimal pertemanan, kalau bisa yang tertarik dengan bidang tertentu, misal: blog kita membahas kesehatan, maka cari orang yang sangat antusias jika mendengar hal ini.

Lakukan ini selama beberapa minggu, bertahap, dan analisis apa yang orang itu suka. Jika ia condong menyukai hal yang ada hubungannya dengan tema blog kita maka ajak pertemanan, lakukan ini sampai didapat jumlah teman paling banyak 500 (ini yang benar-benar potensial bukan pengguna alay), ketika berjalan 1 bulan dengan jumlah postingan blog sudah mencapai 20, maka lakukan share disana.

Nah yang klik share inilah yang menjadi sinyal untuk mesin pencari terhadap postingan yang kita buat, jika umur postingan kita dua minggu saja dengan jumlah klik dari facebook sebanyak 100 maka sudah bisa masuk top 20 google. dengan syarat keyword yang kompetisi rendah sampai medium.

Nah jika 20 artikel itu masing masing mendapatkan klik 100 dari share kita, maka semakin banyak artikel yang mendapat sinyal dan dikenal oleh google, sehingga dengan berjalannya waktu, bertambahnya umur blog, dan postingan pendukung postingan lama maka blog kita bisa masuk 10 besar.

Oleh karena itulah akan sangat baik jika membangun blog dibarengi dengan membuat sosial media baru sehingga jika jumlah postingan sudah mencapai target maka sosial media pun telah siap dan sudah memiliki kemapanan (punya audien) bukan terkesan akun baru.

Kenapa dengan akun baru?, akun baru biasanya kurang mendapat perhatian dari pengguna sosial media. Selain itu teman atau follower masih sedikit sehingga kurang maksimal untuk dijadikan sumber mendapatkan visitor blog.

Saat ini sosial media sudah semakin banyak penggunanya, hal ini sangat baik sekaligus sangat buruk, bingung ya.

Semakin banyak orang yang menjadi pengguna dan aktif di sosial media, maka semakin banyak juga jumlah kabar yang dibagikan kesana. Sehingga dalam waktu beberapa detik saja time line akan dijejali oleh postingan orang-orang.

Jika kita memposting sesuatu yang biasa-biasa saja, gak ada nilai di mata orang pada saat itu, maka postingan kita akan tenggelam dalam arus yang sangat ramai. Padahal rata-rata sebuah postingan akan bertahan maksimal 5 menit ditempat strategis jika sudah lebih dari waktu tersebut maka akan bergeser ke bawah.

Sekarang masuk akal juga kan mengapa saya saya sarankan membatasi teman sebanyak 500 saja dulu gak lebih, karena kemungkinan tergerus oleh postingan mereka sangat kecil.

Nah itulah “cara mencari/mendapatkan trafik untuk blog baru” berdasarkan pengalaman dan cara yang sudah kami lakukan, semoga bermanfaat. 

Jangan lupa share ya, thanks berat sudah membaca artikel ini, wassalam.

Mungkin kamu tertarik: bagus mana, search engine or sosmed?, untuk mencari visitor

Artikel Terkait

Previous
Next Post »