Aplikasi Wajib Untuk Memaksimalkan Toko Online Anda

Mei 10, 2017
Aplikasi toko online - Bisnis online sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga masyarakat Indonesia. mulai dari yang tinggal di kota sampai yang di desa pun sudah tahu akan bisnis yang memanfaatkan internet ini.

Oleh sebab itu banyak orang yang berlomba-lomba membuat toko online mulai dari yang memiliki modal besar sampai dengan perorangan dengan program reseller atau dropship.

Memang bisnis online dengan bentuk toko online adalah model yang sangat besar peluangnya selain bisnis online jenis lain (blog, marketplace, dan sebagainya).

Namun ada suatu kesalahan yang sering dilakkan oleh para pemula yang baru belajar membuka toko online.

Para pemula ini terkadang hanya mengandalkan toko online dalam memasarkan produk yang ia jual, padahal tidak seperti itu.

Banyak hal yang harus diusahakan juga seperti: melakukan seo, buat artikel, promosi di sosial media, dan memerlukan tool pendukung. Bahkan dibutuhkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga agar toko online kita bisa user friendly.

Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan memberi beberapa tips jitu mengenai aplikasi wajib untuk memaksimalkan toko online kamu.

Baca juga : cara memasang iklan di blog yang menghasilkan jutaan rupiah perbulan

Aplikasi Untuk maksimalkan Toko Online


aplikasi untuk memaksimalkan toko online
sumber gambar : 123rf.com

Aplikasi Chat


Dulu ketika saya mencoba membuat toko online saya hanya mengandalkan menu kontak yang sudah diset secara paket dengan fasilitas minim. Maklum karena saya membeli paket toko online yang cukup murah jadi fiturnya juga sedikit.

Awalnya saya tidak mempermasalahkan. Namun saya menyadari bahwa ada hal yang salah dari sistem ini. Banyak pengunjung ditoko online saya namun dari pengunjung sebanyak itu yang closing hanya kira-kira 3% saja.

Hingga pada suatu waktu saya meminta feedback dari seorang pembeli, singkat cerita katanya toko online saya gak user friendly jadi orang yang niat membeli menjadi membatalkan.

Kenapa bisa begitu?

Kata orang-orang yang saya tanya, toko online saya hanya menyediakan kontak berupa nomor yang hanya bisa nelpon atau sms. Padahal banyak yang meninggalkan sms dan digantikan oleh aplikasi chatting.

aplikasi pendukung toko online
sumber gambar: rapidsofttechnologies.com

Mereka malas jika harus telpon (ngabisin pulsa) dan sms yang gak asik katanya..... x_x, padahal produk yang saya jual lumayan menarik dan murah kata mereka.

Oleh karena itu saat ini toko online yang saya miliki sudah saya tambahkan aplikasi cahtting, dan saya bersyukur karena penjualan cukup meningkat :).

Nah jika kamu mau membuat toko online cari yang menyediakan layanan chat juga karena saat ini sudah banyak jasa yang mempaketkan hal tersebut untuk toko online.

Aplikasi Sosial Media


cara membuat toko online
sumber gambar: karirpad.com

Didunia bisnis online itu, kita wajib menjadi sahabat bagi para pembeli dan calon pembeli. Kita bisa berhubungan dengan para konsumen dengan memanfaatkan sosial media.

Saat ini rata-rata para pebisnis online menggunakan sosial media seperti;

  • Twitter
  • Facebook
  • Instagram
  • Path (ada beberapa)
  • etc

Agar hubungan antara kamu (toko online) dan para konsumen tidak putus, maka wajib untuk menyediakan beberapa akun media sosial dengan nama brand toko online kamu.

Selain aplikasi chat, akun sosial media bisa menjadi tanya jawab juga dari konsumen sehingga peluang semakin besar untuk closing (membeli).

Jika kamu tidak ada waktu untuk mengurus banyak sosial media, lebih baik gunakan saja satu akun sosial media dulu yang paling mendukung bisnis online kamu.

Misalkan bisnis online kamu tentang jasa desain, maka akan lebih pas jika menggunakan instagram. Walaupun menggunakan facebook dan twitter juga bisa. Namun banyak orang yang berkumpul di instagram untuk melihat foto/gambar dibandingkan dengan FB/Twitter.

Baca juga: cara menambah jumlah follower twitter gratis dan aman

Aplikasi Mobile Banking


aplikasi mekasimalkan toko online
sumber gambar: bremer.com

Rumah saya itu Jauh dari bank, ketika ada pesanan masuk dan sepakat untuk membeli maka saya harus cek apakah si pembeli sudah transfer uangnya ke rekening saya?

Untuk melihat ini saya harus bolak-balik pergi ke bank. Ini sungguh sangat merepotkan dan gak praktis jika terus terjadi.

Oleh sebab itu saya menggunakan aplikasi mobile banking dari salah satu bank, jika ada pesanan maka saya langsung bisa cek melalui smartphone saja tanpa harus bolak-balik ke ATM atau Bank.

Lebih praktis dan gampang bukan?. Nah jika kamu mau membuka toko online lebih baik unduh aplikasi mobile banking agar segala aktivitas online kamu lebih praktis.

Memang mengurus toko online pribadi itu akan lebih ribet dibanding dengan jika kita menjual barang menggunakan marketplace (lapak online). Namun untuk jangka panjang ini lebih prospek.

Jika kamu belum yakin mau membuka toko online pribadi, buka saja di marketplace. Dan setelah yakin maka bisa langsung membuka sendiri. Marketplace yang bisa kamu manfaatkan diantaranya tokoumat.com atau bukalapak.com (untuk barang) untuk jasa bisa menggunakan carijasa.co.id.

Jika mau menjual produk muslim bisa memanfaatkan tokoumat.com untuk membuka lapak, di tokoumat prospeknya lebih besar untuk para pemula karena persaingan masih minim dibanding bukalapak.com

Berikut: cara mendaftar tokoumat.com

Dengan memanfaatkan semua hal yang dibutuhkan untuk memudahkan para konsumen membeli produk dari kita mulai dari sistem pembayaran, kontak, dan jenis pengiriman yang dibutuhkan maka toko online kita akan dicintai oleh pembeli.

Nah, jika kamu ingin membuka toko online silahkan pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi wajib untuk memaksimalkan toko online kamu. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sukses.

Mungkin kamu tertarik : 3 cara mencari uang lewat internet yang paling menjanjikan untuk jangka panjang
Tag : bisnis online gratis tanpa modal, usaha online shop, bisnis online terpercaya, bisnis online syariah, bisnis online tanpa modal, bisnis baju online, bisnis online terbaru, bisnis online terbaik

Artikel Terkait

Previous
Next Post »