Cara Meningkatkan Kecepatan Android yang Lambat

Mei 13, 2017
Dalam artikel ini kita akan mencoba mengulas cara meningkatkan kecepatan android yang lambat.

Saya pertama kali mengenal android pada tahun 2009 namun hanya sebatas informasi tentang operating system (OS) yang kemungkinan akan popular pada tahun-tahun mendatang.

Informasi tersebut diulas oleh salah satu surat kabar tempat saya tinggal yang menyatakan bahwa ada sebuah sistem operasi terbuka yang bisa mengancam sebuah ponsel pintar yang sudah ada seperti ponsel pintar berbasis Qwerty.

Ketika itu belum banyak orang yang tahu akan Android, bahkan teman saya saja gak tahu apa itu Blackbarry yang lebih dulu populer.
Wajar saja, tahun segitu yang masih buming adalah fitur phone seperti Nokia dan sebagainya.

Namun hal ini berbalik 180 derajat ketika tahun 2012an, dimana Android sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat luas terutama para pelajar dan mahasiswa.

Hingga puncaknya tahun 2013 dimana teman-teman kampus saya begitu berlomba-lomba untuk membeli smartphone berbasis Android ini.

Gak salah deh banyak permasalahan yang timbul di smartphone tersebut pemiliknya kurang paham ^^, seperti kenapa android bisa cepat panas, baterai cepat low, android yang lambat, kerentanan ancaman dari malware, dan sebagainya.

Melihat dilemma tersebut, banyak para blogger yang membuat blog dan pos seputar android ini. Dengan tujuan agar permasalahan yang dihadapi pengguna bisa terselesaikan.

Nah sekarang sudah berjalan beberapa tahun sejak android popular di Indonesia, dan masyarakat sudah bisa mengatasi berbagai masalah yang dihadapi ketika ponsel pintarnya bermasalah.

Namun jika kamu belum sempat mengetahui salah satu masalah yang sering timbul di android seperti “Android yang lambat”, maka bisa menerapkan tips dibawah ini.

Meningkatkan Kecepatan Android


mengatasi android lambat
sumber gambar: forevertech.in

Mengapa android yang lambat perlu atasi?

Sebenarnya jawaban akan hal tersebut saya yakin semua orang yang telah lama menggunakan android mengetahuinya.

Mungkin seperti menggangu produktivitas saat mengirim berkas via email, loading lama ketika buka dan menutup aplikasi, android tiba-tiba berhenti lalu menutup aplikasi sendiri, dan sebagainya.

Jika ini tidak diatasi bisa membuat kita bête bukan? apalagi jika dalam keadaan yang genting bisa-bisa kita stress hehe. Nah agar kamu gak ikut bête karena smartphone android kamu lemot bisa menerapkan tis ini;

Baca juga: cara meningkatkan sinyal android

1. Copot Aplikasi yang Kurang Berguna

Banyak para pengguna android yang install (memasang) aplikasi yang sebenarnya gak penting-penting amat.

Saya kurang tahu alasannya, mungkin ikut-ikutan teman, atau tanpa sengaja melihat banner iklan dari aplikasi yang bersangkutan. His-his....

Kamu perlu tahu, semakin banyak aplikasi yang terinstall di Android maka akan menyebabkan kapasitas memori internal menjadi berkurang.

2. Aktifkan Ulang Android

Saya menggunakan android dari Samsung model lama,jadi gak salah deh jika smartphone saya sering lelet.

Sebenarnya bukan salah smartphone-nya, namu pada aktivitas saya yang dikit-dikit bukaandroid.

Saya juga suka install game dan banyak aplikasi sehingga android jadi lemot. Untukmengatasi halini makasaya sering aktifkanulangandroid saya.

Lumayan, ketika diaktifkan ulang kinerjanya cukup cepat. Nah, jika android kamu tiba-tiba lambat silahkan coba cara yang satu ini.

sumber: doc pribadi


3. Hapus Notifikasi Dan file ini

Dulu, ketika saya baru pertama kali mempunyai smartphone android, saya membiarkan semua notifikasi yang masuk ke android saya.

Mulai dari notivikasi sms, notivikasi download, notivikasi chat, dan sebaginya.

Tidak hanya itu di samartphone saya juga banyak tersimpan hasil capture image, download gambar, video, dan musik.

Ini berlangsung terus-menerus dan selalu saya lakukan ketika internetan. Hingga pada suatu hari android saya menjadi lambat. Padahal sebelumnya tidak seperti itu.

Saya bingung kok bisa seperti ini yah? apa smartphone saya kena virus? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Untungnya, saya diberi tahu oleh teman saya kalau smartphone saya kebanyakan file yang gak penting lalu disuru hapus. Ketika saya hapus lebih dari separuh file tersebut.

Wow, kecepatan android saya kembali seperti semula. Nah, jika di android kamu banyak file yang gak penting mending hapus saja.

Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan cara ini. Setelah kamu selesai menghapus, maka aktifkan ulang smartphone kamu.

4. Manfaatkan Cloud Computing

Cara berikut ini merupak cara yang masih berhubungan dengan point no 3 diatas.

Cloud Computing atau komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasisi internet (awan) (wikipedia).

Jika diartikan secara sederhana yaitu tempat kita menyimpan file dari komputer/smartphone kita ke / dan secara online.

Cloud Computing yang bisa kita gunakan secara free seperti google drive, dropbox, dan sebagainya.

Layanan ini bisa  kita manfaatkan untuk menyimpan file yang ada dismartphone kita secara online. Dengan menyimpan file secara online, maka memori internal smartphone kita gak akan over kapasitas.

Jika kapasitas memori terjaga, dampaknya akan kita rasakan yaitu kecepatan android gak akan lambat.

5. Ganti Smartphone Kamu 

Ini cara terakhir yang harus kamu lakukan jika kecepatan android menjadi lambat.

Begini. Saat ini semua aplikasi popular sudah upgrade/update ke versi teranyar. Sebagai contoh Whatsapp sudah gak dukung android lawas yang kebanyakan di smartphone model lama.

Sehingga jika kamu masih menggunakan smartphone model lama, maka gak akan bisa menggunakan aplikasi popular yang sudah diperbarui.

Tidak hanya itu smartphone model lama biasanya memiliki hardware yang masih jadul belum canggih sehingga jika kita menggunakan beberapa aplikasi saja sudah lemot.

Belum lagi kapasitas internal memori yang disematkan tidak besar. Sehingga memori cepat penuh dan yang pada ujungnya android jadi lambat.

Nah, jika kamu punya uang mending ganti smartphone kamu kemodel baru. Kamu menjual dulu smartphone lama kamu di olx misalnya. Lalu tambah uang hasil jual tersebut untuk membeli yang baru.

6. Pakai SD Card Berkapasitas Lebih

Nah jika kamu belum punya uang untuk membeli smartphone baru, kamu bisa mengganti saja kartu memori eksternalnya.

Mungkin kapasitas memori sudah penuh atau memori sudah kurang maksimal kinerjanya sehingga mempengaruhi kecepatan smartphone.

Dulu ketika saya belum gajian, saya juga hanya mengganti kartu SD Card (kartu memori) smartphone saya untuk sementara.

Awalnya niat saya sih untuk sementara, namun ketika memori card saya ganti, ternyata android saya benar-benar berubah total. Jadi gak lambat, meskipun saya nyimpan file di smartphone.

Sampai sekarang saya masih menggunakan smartphone lama saya, dan sayang jika di jual untuk kenangan juga :D.

Saya memakai SD Card yang saya beli secara online di blanja.com, maklum saya males kalo muter-muter ke mall atau pasar hanya untuk nyari memori mending belanja via online.

Lagian jika saya belanja via online banyak pilihan dan gak terjebak oleh penjual nakal.

Nah, jika kamu mau membeli memori via online silahkan beli di toko online yang terpercaya. Seperti:  blanja.com, bukalapak.com, tokoumat.com.

Disana banyak yang  jual dengan harga bersaing dan kualitas terjamin.

..................

Oke, itulah beberapa tips “meningkatkan kecepatan android yang lambat” yang mungkin belum sempat kamu ketahui. 

Jika cara diatas dilakukan maka kemungkinan besar smartphone android kamu yang lambat bisa kembali seperti semula kecepatannya. Aamiin.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »