Cara Membuat Makalah Paling Gampang Buat Pemula yang Baik dan Benar

November 07, 2016
Sebenarnya postingan dengan judul "Cara Membuat Makalah" yang baik dan benar ini, sudah keluar dari idealisme play blog's.

Ini disebabkan karena pada suatu pekan adik mendapatkan tugas dari sekolah untuk membuat makalah dan meminta bimbingan kepada saya.

Langsung saja ilmu yang saya dapat saat skripsi dulu langsung saya ajarkan ke adik, hingga pada akhirnya makalah yang di hasilkan lumayan bagus dengan nilai diatas 8. Jika di ubah ke nilai SKS berarti dapat nilai A.
Ini yang menyebabkan selama dua minggu rumah mamak banyak di kunjungi oleh sahabat adik saya yang ingin meminta diajari menulis makalah.

Sebenarnya saya senang karena bisa membantu dan transfer ilmu, namun yang menjadi kendala adalah banyak waktu saya yang terbuang padahal masih banyak pekerjaan yang harus di urus (sok sibuk ya...:D).

Lalu terpintas di benak saya bagaimana cara untuk bisa transfer ilmu namun tanpa tatap muka pun mereka sudah bisa melakukan sendiri...ya inilah keputusannya yaitu:

Membuat postingan "cara membuat makalah" paling gampang di blog ini. Jadi ketika ada yang bertanya langsung saja saya kasi linknya.

Sebenarnya membuat makalah, saya juga belum pakar-pakar amat malah menurut saya masih sangat standar dibandingkan ahli karya ilmia lainnya.

Tapi gak apa-apa lah yang penting sesuai prosedur, tata bahasa, format, dan keilmiahannya. Bukankah agama saya juga mengajarkan bahwa sampaikanlah walaupun satu ayat.....begitu juga dengan ilmu yang bila kita punya haram hukumnya untuk di simpan saja.

cara membuat makalah

Oke tanpa berlama-lama saya akan mulai sekarang.

Oiya sebelumnya saya mau memberitahukan bahwa struktur yang saya tulis ini berdasarkan format pembuatan karya ilmia dalam buku pembimbing pembuatan karya tulis dari kampus saya dulu, mungkin beberapa sisi akan berbeda tiap-tiap kampus.

Namun jika ini di terapkan untuk makalah MTS/SMP atau SMK/SMA saya rasa cukup powerfull. Buktinya ya adik saya diatas.

Sebelum kita membahas cara membuat makalah, lebih baik lagi jika kita mengenal terlebih dahulu bagian-bagian yang menyusun makalah tersebut.

Bagian-Bagian Penyusun Makalah

Sebelum membuat sebuah makalah atau karya ilmia lainnya yang harus di pahami pertama kali adalah bagian-bagian penyusun makalah tersebut.

Ini penting dan wajib. Bayangkan saja jika mau membuat ...misalnya, tentunya harus mengetahui bagian-bagian penyusunnya terlebih dahulu bukan?. Ini juga berlaku untuk makalah atau karya tulis lainnya. Jika tidak maka akan cukup kesulitan untuk membuatnya.

Lalu apa saja bagian penyusun sebuah makalah?

Secara garis besar dan yang paling sederhana, makalah tersusun atas beberapa bagian seperti:
  • Sampul Depan atau Cover
  • Kata Pengantar
  • Daftar isi
  • BAB I (PENDAHULUAN)
  • BAB II (ISI)
  • BAB III (PENUTUP)
  • Daftar Pustaka
Sedangkan yang lebih lengkap yaitu:
  • Sampul Depan atau Cover
  • Abstrak
  • Lembar Penyetujuan, Lembar Pengesahan, Lembar Pernyataan, Lembar Riwayat Hidup, Persembahan, Sanwacana
  • Daftar Isi, Daftar Lampiran, Daftar Tabel
  • BAB I (Pendahuluan)
  • BAB II (Tinjauan Pustaka)
  • BAB III (Metode Penelitian)
  • BAB IV (Hasil Penelitian dan Pembahasan)
  • BAB V (Kesimpulan dan Saran)
  • Daftar Pustaka, dan
  • Lampiran
Kamu jangan ambil pusing bagian-bagian pada contoh yang kedua, karena ini untuk karya ilmia yang lebih lengkap dan digunakan untuk skripsi. Namun jika hanya ingin membuat makalah contoh pertama saja sudah cukup dan nantinya bisa ditambahkan dengan poin-poin tambahan jika di butuhkan.

Contoh Penerapannya

Sekarang kamu sudah tahu apa saja bagian anatomi dari sebuah karya tulis, sekarang saatnya mengetahui bagaimana penerapan bagian-bagian tersebut sehingga membentuk sebuah makalah yang utuh.

Karena penerapan ini langsung menyentuh "cara membuat dan contohnya", maka sekalian saja saya tuliskan contoh dan cara membuatnya.


Cara Membuat Makalah Berdasarkan Bagian Penyusunnya 


Cara Membuat Cover/Sampul Depan Makalah

Sebelum membahas cara membuat cover makalah, tidak ada salahnya kita ulas sedikit mengenai hal ini. Cover merupakan bagian pada makalah/karya tulis ilmia lainnya yang berada paling depan dan sebagai identitas pengenal layaknya cover sebuah buku. Cover mencangkup
  1. Judul Makalah, Kamu
  2. Nama, NIS (Nomor Induk Siswa/Mahasiswa)
  3. Logo Sekolah/Universitas
  4. Jurusan (jika ada)
  5. Provinsi/kota tempat percetakan/terbit makalah, dan
  6. Tahun terbit/pembuatan
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat image di bawah ini:

cover makalah
Contoh cover makalah

Cara Membuat Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar merupakan bagian pada makalah, buku, atau karya tulis lainnya dengan maksud memberikan gambaran umum tugas, pengarahan, dan hasil yang dicapai. Kata pengantar secara umum berisi:

  • Gambaran umum tugas, ketentuan pengarahan, pegangan kerja teliti.
  • Gambaran umum pelaksanaan tugas, dan hasil yang dicapai.
  • Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu.
  • Tempat tanggal, bulan, tahun penyusunan tulisan.
  • Nama penulis/penanggung jawab.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh berikut ini;

KATA PENGANTAR

Puji syukur Penulis ucapkan kehadiran Allah swt, karena atas rahmat dan hidayah-Nya karya makalah ini dapat diselesaikan.

Makalah dengan judul "Pengaruh Pemberian Pupuk Cair Terhadap Pertumbuhan Cabai Merah" adalah tugas akhir pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 01 Palembang.

Dalam kesempatan ini Penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1. Bapak Junaidi, S.Pd., selaku Kepala SMA Negeri 01 Palembang;
2. Bapak Fajar S.Pd., selaku Guru Pembimbing;
4................
5................dan
6. Seterusnya (semakin kebawa jabatannya juga semakin kecil);

Akhir kata, Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, akan tetapi sedikit harapan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, Aamiin.

Palembang, 01 Desember 2016

Penulis

Junaidi
NIS (1234567890)

Cara Membuat Daftar Isi Makalah

Daftar isi adalah adalah urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau penulisan. Fungsi daftar isi sendiri yaitu untuk memudahkan kita mencari judul penulisan secara cepat tanpa harus mencari satu persatu (suchideppyanita:2013).

Untuk membuat daftar isi harus disesuaikan dengan letak nomor halaman pada masing-masing bab/pembahasan.

Contoh daftar isi:

DAFTAR ISI

COVER
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I.................................................................................................................1
BAB II................................................................................................................3
BAB II................................................................................................................5


Cara Membuat BAB I (Pendahuluan) Makalah

Pendahuluan berisi;
  • Masalah yang diteliti/dibahas, ruang lingkup, tujuan, dan kegunaan penelitian. Atau
  • Masalah yang diteliti/dibahas, ruang lingkup, tujuan, dan kegunaan penelitian, kerangka pemikiran, dan hipotesis penelitian.

Cara Penulisan Lembar Pendahuluan
  • Judul "PENDAHULUAN" diketik tanpa tanda petik di tengah-tengah kertas, berjarak 6 spasi dari pinggir atas kertas (top).
  • Isi Pendahuluan mulai diketik 4 spasi dibawah judul bab (Pendahuluan)
  • Judul bab diketik dengan huruf besar dan ditebalkan.

Contoh;

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
B. Tujuan Penulisan /(Penelitian=skripsi/karya tulis lengkap lainnya)
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Manfaat Penulisan /(Penelitian=skripsi/karya tulis lengkap lainnya)
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D. Ruang Lingkup
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Cara Membuat BAB II (Isi) Makalah

Jika Kamu cuma membuat sebuah makalah, maka di bagian bab inilah segala sesuatu yang kamu bahas ada di sini. Mulai dari sumber hingga hasil yang didapat.

Namun jika kamu membuat karya ilmia yang lebih kompleks skripsi misalnya, maka bagian pada bab II ini hanya berisi tinjauan pustaka (sumber pendukung dan yang menguatkan karya tulis kamu). Sedangkan isinya akan di bahas pada bab IV (Hasil Pengamatan dan Pembahasan).

Oleh karena itulah kamu jangan ambil pusing jika menemukan sumber-sumber yang satu dengan yang lainnya saling berbeda. Mungkin saja contoh yang satu merupakan skripsi sedangkan yang satu lagi adalah makalah yang lebih sederhana.

Berikut ini daftar yang biasanya ada pada BAB II sebuah makalah:

  • Definisi/ulasan materi/sumber/bahan acuan makalah kamu
  • Penyelesaian masalah yang kamu tawarkan
  • Hasil yang kamu dapat 

ll

Cara Membuat BAB III (Penutup) Makalah

Pada bagian penutup akan berisi kesimpulan makalah dan saran terhadap pembaca makalah kamu apabila ingin menerapkan maupun membuat makalah perkembangan dari makalah yang sudah kamu buat.

Cara Membuat Daftar Pustaka Makalah

Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis. Daftar Pustaka ada pada semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan sebagainya (wikipedia).

Untuk lebih jelas silahkan lihat contoh daftar pustaka karya tulis berikut ini:

Daftar pustaka bersumber dari buku.

Buku merupakan sumber yang paling utama dijadikan bahan untuk membuat sebuah karya tulis seperti makalah. Jika kamu menggunakan buku sebagai tinjauan pustakanya maka untuk menulis daftar pustakanya gunakan format seperti ini:

Nama Pengarang Buku(titik)Tahun Terbit Buku(titik)Judul Buku(titik)Provinsi/kota penerbit buku (titik dua)Perusahaan Pembuat Buku(titik)Jumlah Halaman Buku.

Junaidi, M..2016.Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar.Palembang:CV. Sriwijaya Palembang. 134 halaman.

Bunga Citra Lestari = Citra, B. L (titk)(titik)

Catatan;
  • Penulisan nama pengarang yang >2 suku kata maka kata pertama di singkat dan diakhiri tanda titik, Misal: Muhammad Junaidi menjadi M. Junaidi --> penulisannya di daftar pustaka --> Junaidi, M..
  • Judul buku diketik miring tanpa tanda petik kecuali untuk catatan kaki
  • Huruf pertama tiap kata harus menggunakan huruf besar, selain kata penghubung (dan, atau, yang)....lihat contoh.
  • Harus diakhiri jumlah halaman buku
Penulisan daftar pustakan ini akan berbeda jika kamu mengambil tinjauan (sember) dari rujukan lain, seperti: majalah, koran, internet, kalahah orang lain, jurnal, dan sebagainya. Kamu tingga cari saja di internet cara penulisannya ya.

Nah itulah postingan saya hari ini mengenai "cara membuat makalah" paling gampang buat pemula dengan format yang baik dan benar.

Semoga postingan ini bisa membantu kalian yang sedang mendapatkan tugas dari sekolah maupun kuliah. jangan lupa di share ya ke sosial media kamu. Terimakasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »