Google Sandbox Kejamnya Dikau Pada Newbie

November 11, 2016
Minggu-minggu ini merupakan minggu terkelam dalam sejarah hidup newbie...bagaimana tidak blog yang diharapkan bisa menghasilkan uang tiba-tiba masuk jeratan sang sandbox, huhuhu....sedihnya.

Ini bermula ketika eksperimen mengenai backlink yang diterapkan saat baru membaca dari artikel blogger yang masuk top 10, karena posisinya ada di halaman pertama maka langsung percaya aja tanpa dipikir ulang.

Dan akhirnya beberapa postingan hilang dari search engine padahal baru kemarin bisa sampai halaman 1 google x_x.

Buat kawan-kawan jangan mudah percaya sama blog orang, walaupun blog tersebut ada di peringkat 10 besar sekalipun.

sourc image; adngin


Sebenarnya apa si sandbox itu?


Sandbox adalah mekanisme keamanan untuk memisahkan program yang sedang berjalan. Istilah ini acap digunakan untuk mengeksekusi kode yang belum diuji, atau program tidak terpercaya yang berasal dari pihak ketiga dan pemasok yang tidak terverifikasi, serta pengguna dan situs web yang tidak terpercaya (wikipedia)

Lebih lanjut wikipedia menjabarkan, Teknologi sandbox seringkali digunakan untuk menguji program tidak terverifikasi yang mungkin mengandung virus atau kode jahat lainnya, tanpa harus membiarkan perangkat lunak tamu membahayakan perangkat penyedia

Newbie coba menggunakan situs ini: http://pixelgroove.com/serp/sandbox_checker/ untuk mengeceknya ternyata, seperti ini jadinya:

kena sandbox dari google

Tulisan merah "xxxxx.blogspot.com is possibly penaltized or......." tersebut merupakan keterangan bahwa blog newbie sedang kena pinalti dari sang kakek searc engine.

Awalnya sih sedih dan kelabakan karena kejadian ini, namun daku berikhtiar dan mencoba mencari jalan keluar supaya terlepas dari pinalti.

Setelah search akhirnya menemukan artikel dari sebuah blog yang pernah mengalami hal yang sama, disana ia menyebutkan kalo hal ini bisa di perbaiki dengan cara di bawah ini:

  • Lakukan update artikel seperti biasa
  • Memodifikasi artikel yang terkena pinalti namun jangan semua beberapa saja, dengan cara mengurangi keyword yang di incar pada halaman tersebut
  • Mencari backlink dari blog dengan PR 1 pada halamannya, bukan pada homepagenya
  • Submit ulang ke sitemat pada google webmaster tool
  • Tetap melakukan optimasi dengan cara yang aman
  • Tunggu sampai keadaan norman, Aamiin

Oke demikianlah postingan dari newbie sebelah yang terkena sandbox, semoga yang membaca ini tidak terkena hal yang sama, Aamiin.. Semoga bermanfaat salam.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »