Memang trafik yang patut diincar adalah yang berasal dari mesin pencari dan dikombinasikan dengan trafik dari sosial media tentunya.
Karena jika berhasil menguasai kedua hal tersebut, maka artikel kamu berpeluang besar bisa dikenal.
Gak jarang deh banyak bloger yang menganjurkan agar sebelum menulis artikel di rekomendasikan untuk melakukan keyword research dulu.
Disamping manfaat diatas pada kenyataannya masi ada beberapa keuntungan dari riset keyword ini.
sourch image: trafficinviter.com
Manfaat #1, Mengetahui Topik Potensial
Menurut saya menjadi seoarang blogger sama saja dengan berbisnis, kita perlu mencari bisnis apa yang prospeknya potensial untuk di bidik dan mana yang tidak.
Yang dimaksud disini adalah potensial ya, bukan bagus saja. Mengapa? Karena yang bagus bukan berarti potensial. Tetapi, yang potensial cenderung bagus (menurut saya loh, tidak wajib sepaham).
Ngomong-ngomong, pastinya kamu pernah membaca postingan dari sebuah blog yang bilang kalau nice apa saja bisa menjadikan bloggernya kaya. Kalau saya sih kurang percaya dan jika disuruh membuat blog dengan nich tersebut sih mikir 3 kali.
Kita jangan nurutin apa kata orang yang menyatakan bahwa keyword apa saja berpotensi mendatangkan uang bagi seorang blogger, kalau itu benar mengapa mereka membuat blog dengan tema yang potensial bukan sebaliknya.
Saya bingung, mereka katanya punya hobi yang berbeda-beda dan membuat blog darinya, tapi kenyataannya kok membuat blog yang hampir sama semuanya, yang lebih paranya lagi antara satu blog dengan blog lainya punya link yang berhubungan. hem......okelah backlink.
Tapi cukup aneh ya?
Mungkin kamu tertarik: tool untuk mempermudah keyword research
Ingat, apa pun itu jika terdapat persaingan dan banyak yang terjun didalamnya berarti berpotensi besar. Kalau kita langsung bisa sukses dengan keyword ini mengapa harus dimulai dengan keyword yang menjadi hobi kita namun dengan pencarian yang zero.
Inilah pentingnya melakukan sebuah riset keyword, kita bisa membuktikan apakah yang ditulis oleh sebuah blog mengenai kata kunci masih relevan atau malah sebaliknya.
Selain itu kita juga dapat memilah mana topik yang sedang menjadi trend pada saat waktu yang bersangkutan, jangan malah kita membuat suatu artikel yang tingkat pencarian di mesin pencari sangat rendah.
Sebagai contoh, saat tulisan ini dibuat sedang demam “Om Telolet Om” jika blog kamu bertema news apakah kamu akan membuat artikel tentang om telolet om atau membuat artikel tentang pokemon go?, pastinya yang om telolet om bukan.
Ya jelas lah, ini masih happening dibandingkan dengan pokemon go yang sudah basi. Jika dalam satu hari ada 500 orang yang searching “Apa itu om telolet om” atau keyword pendekatan lainnya, maka ada kesempatan 5% dari 500 yang menjumpai artikel kita, dengan syarat kamu masuk 10 besar google.
Oleh karenanya, Saya sarankan temukan kata kunci yang potensial untuk di jadikan tema blog atau postingan blog, jika sudah ukur persaingannya lalu buat artikel berkualitasnya, Sekarang!
Pada postingan sebelumnya play blog’s juga telah membuat postingan mengenai “cara riset keyword” yang kurang bisa dijadikan patokan saat ini, yang bisa kamu baca juga.
Manfaat #2, Mengukur Persaingan Keyword
Banyak blogger naif yang bilang membuat blog hanya untuk mengisi waktu luang dan hobi semata tanpa bermaksud mendapatkan penghasilan darinya.
Menurut saya sesunggunya bukanlah demikian, karena ini tercermin dari sang pemilik membuat postingan dan meletakan link referral dan memasang iklan di blognya, bahkan ada yang native ad.
Apakah ini yang disebut hobi dan mengisi waktu luang semata?, ya ya hanya kamu yang berhak menilainya.
Mengapa mereka bilang begitu ya?, saya kurang paham dan tidak ingin mengetahui maksud asli mereka, namun berdasarkan isi blognya kemungkinan ada keinginan untuk menghadang orang lain mengikuti atau mengambil keyword tersebut.
Dengan membuat seolah-olah judul yang ia buat tidak bernilai dan tidak bisa di monetize, hem....ini mungkin bisa dimaklumi, karena memang begitulah bisnis siapa yang cerdas ia yang menang.
Padahal tanpa ia menekankan seperti itu blogger lain sudah tahu dengan cara melakukan keyword research bahwa judul tersebut potensial.
Kasus diatas merupakan sebagian kecil deskripsi persaingan yang bisa kita ketahui dari aktivitas riset keyword. Untuk itu jangan ragu melakukan riset keyword yang bisa mengantarkan kamu pada kesuksesan.
Manfaat #3, Membuat Strategi
Manfaat ketiga dari riset keyword untuk artikel blog adalah untuk menyiapkan strategi yang tepat agar memenangkan persaingan.
Ini sebagai langkah lanjutan tatkala kita telah melakukan riset data/keyword dan meperoleh hasil yang positif maka dengan data tersebut kita dapat membuat suatu strategi untuk keberlangsungan webside maupun blog kita.
Strategi yang baik tidak akan tercipta jika kita tidak memiliki data yang memadai. Nah disinilah peran sebuah riset data/keyword.
Dengan riset, data-data yang di hasilkan akan menentukan arah strategi yang kita buat untuk menarik perhatian para pengunjung blog/webside agar tetap setia menjadi pembaca artikel yang kita miliki.
Nah itulah yang menurut play blog’s merupakan manfaat riset keyword untuk artikel blog yang paling utama, sebenarnya masih banyak manfaat lain. Jika kamu bersedia menambahkan monggo tulis di kolom komentar.
Terimakasih berat lo buat kamu yang sudah mampir ke blog ini, semoga artikel yang kami sajikan bisa memberi manfaat buat kamu ya, aamiin. jangan lupa di share gan, salam.