Bagus Mana, Search Engine or Sosmed?, untuk Mencari Visitor

Desember 28, 2016
Jika berbicara visitor, memang gak akan ada habisnya dalam dunia blogger ini.

Banyak yang bilang ini, banyak yang bilang itu, bahkan ada yang bilang begini ditambah begitu.

Ini membuat pusing para praktisi pemula yang ingin mendapatkan pengunjung buat blog mereka. Dan yang paling disayangkan adalah banyak blog-blog yang merekomendasikan mencari visitor langsung menuju pada level terberat.

Padahal selayaknya belajar, menjadikan blog dengan banyak visitor (pengunjung) bagusnya di mulai dari level paling gampang dulu baru kita memulai ke level yang setingkat demi setingkat menuju level yang lebih pantas.

Secara umum jika kita amati terdapat sumber pengunjung untuk blog yang kita buat, yaitu secara offline dan online.

Secara online dan offline pun masih dibagi-bagi lagi menjadi sub-sub yang jumlahnya tidak sedikit, bisa memerlukan waktu cukup lama

Secara online, yang paling popular diantaranya yaitu;
  • Searc engine, sudah pasti
  • Sosial media
  • Blog/web lain
  • Aplikasi chat

Sedangkan yang paling popular secara offline adalah 
  • Link pada file, bisa berupa: ebook, ppt, word, etc 
  • Meletakan alamat/url pada barang atau tempat yang mudah terlihat masyarakat yang pada ujung-ujungnya mencarainya via online.
  • Bahkan ada yang nulis nama domain pada baju (punggung)

Begitu banyak bukan cara kita untuk mendatangkan pengunjung!, namun yang jadi permasalahan adalah tidak semua cara tersebut bisa kita terapkan untuk blog/atau web yang baru.

Inilah kesalahan yang banyak dilakukan oleh blogger, dimana menggunakan semua cara secara bersamaan (share ke sosial media, blog walking, share ke group chat, etc.), ini mengakibatkan menjadi tidak fokus karena banyak yang harus di urus.

Padahal setiap cara diatas punya mekanismenya tersendiri tidak asal share, dan bagikan yang akan berdampak kurang mendapat respon bahkan dianggap spam oleh orang lain.

Ini juga yang menjadikan pikiran kacau balau karena bukannya mendapatkan trafik malah bisa jadi mendapatkan sandbox dari google.

untuk itulah dari pada kita memikirin hal-hal yang bisa membuang energi dan waktu percuma lebih baik kita reduksi menjadi beberapa yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Berdasarkan daftar yang ada sudah menjadi rahasia umum jika search engine dan sosial media merupakan cara yang sangat bagus untuk mendatangkan pengunjung blog.

Namun mana yang paling cocok buat blog yang masih baru.

Search engine atau sosial media?


cara meningkatkan visitor blog
sumber gambar: mobile.fourlook

Untuk menjawabnya kita harus tahu mana target prioritas yang harus di dahulukan apakah jangka pendek atau jangka panjang. Kalau ingin mendapatkan pengunjung blog untuk jangka panjang targetkan searc engina, namun jika targetnya adalah pengunjung jangka pendek (saat ini) gunakan sosmed.

jangka pendek = sosmed
jangka menengah = search engine
jangka panjang = search engine + sosmed + email + etc

Untuk blog baru kemungkinan mustahil mendapatkan visitor dari mesin pencari seperti google, bing, yahoo, dan sebagainya. 

Cobalah kamu buat sebuah blog untuk uji coba, lalu lakukan posting sebanyak 20 artikel dengan syarat berbeda-beda pembahasan tiap post. setelah itu coba ketik 50 persen judul postingan pertama kamu di searc engine. 

Apakah masuk 10 besar?

Bisa tidak (kemungkinan besar) bisa iya (kemungkinan kecil). Dengan syarat juga keyword yang kamu bidik merupakan keyword dengan kompetisi medium ke atas. No dasar dengan minim persaingan.

Biasanya juga blog-blog yang baru di buat akan menargetkan keyword yang banyak dicari namun kurang memperhatikan kompetisi/persaingan di dalamnya.

Pastinya kamu juga sudah tahu bukan, untuk mendapatkan visitor dari search engine harus berada di 10 besar pada pencarian keyword. Masalahnya untuk menjadikan artikel berada di top 10 cukup sulit bahkan sangat sulit untuk keyword berat dengan modal blog baru.

Oleh sebab itu sumber ini kurang cocok buat blog yang baru dibuat. Kamu harus membuat artikel yang berkualitas, beda, original, dan melakukan seo untuk jadi juara. Ini tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam, namun perlu waktu, trial dan error.

Banyak blogger pemula yang fokus mengincar sumber pengunjung ini padahal jumlah dan kualitas artikel sangat minim, dan ditambah dengan kurangnya seo yang dilakukan.

Ini juga yang menyebabkan kita kurang realistis, ingin cepat berhasil, padahal tidak seperti itu caranya, perlu proses dedikasi dan pengorbanan buat mendapat hasil dari mesin pencari.

Ini bukan mematahkan semangat kamu yang ingin sukses dari blog, tapi memberi pemahaman bahwa dulu saya juga begitu dan kecewa. walaupun tidak semua orang seperti saya :)

Nah jika kamu sudah paham bahwa search engine lebih cocok untuk mendapatkan pengunjung untuk jangka panjang. lalu bagaimana nasib blog yang baru di buat apakah pasrah dengan zero visitor.

Perankan sosial media untuk cara ini!

Kamu pastinya punya facebook, twitter, atau apalah yang penting sosmed dengan pengguna ratusan juta. Manfaatkan platform ini untuk mendatangkan visitor blog baru kamu.

Ada yang bilang jika postingan blog kita ingin dikenal search engine maka kita harus memberi sinyal oleh mesin pencari tersebut, yah salah satunya dengan share ke sosial media.

Coba kamu bayangkan jika kamu mengincar cw/cow maka apakah kamu langsung menembak atau pdkt dulu?. kamulah yang bisa menjawab masalah cinta ini saya kurang paham pokonya.

Dengan share ke sosmed maka ada trafik permulaan yang berasal dari orang lain sehingga browser dan google perlahan mengenali postingan kita, dibandingkan dengan tanpa melakukan pemberitahuan kepada google maupun mesin pencari lainnya.

Apakah semudah itu?

Sayangnya tidak. Jika kamu menggunakan cara ini maka akan muncul permasalahan baru, memang dunia blog penuh masalah namun jika kita berhasil melewatinya maka nikmat yang akan didapat.

Begini, mentang-mentang dibilang share ke sosial media maka dilakukan dengan cara seperti posting status alay, mana ada yang peduli.

Lalu bagaimana dong?

Buatlah akun sosmed baru (facebook/twitter) dengan nama sesuai nama blog kita, cari teman sebanyak-banyaknya kalau bisa yang tertarik dengan bidang tertentu, misal: blog kita membahas komputer, maka cari orang yang sangat antusias jika mendengar hal ini.

Lakukan ini selama beberapa minggu sampai didapat jumlah teman yang lumayan banyak (tiap orang beda), jika sudah posting artikel kamu disana. 

Kalau saya membuat sosial media berbarengan dengan saat membuat blog, dan mencari teman sampai mencapai 500 orang, ketika berjalan 1 bulan dengan jumlah postingan blog sudah mencapai 20, maka saya lakukan share disana.

Nah yang klik share inilah yang menjadi sinyal untuk mesin pencari terhadap postingan yang kita buat, jika umur postingan kita dua minggu saja dengan jumlah klik dari facebook sebanyak 100 maka sudah bisa masuk top 20 google. dengan syarat keyword yang kompetisi rendah sampai medium.

Nah jika 20 artikel itu masing masing mendapatkan klik 100 dari share kita, maka semakin banyak artikel yang mendapat sinyal dan dikenal oleh google, sehingga dengan berjalannya waktu, bertambahnya umur blog, dan postingan pendukung postingan lama maka blog kita bisa masuk 10 besar.

Jika sudah demikian maka visitor jangka panjang yaitu yang bersumber dari mesin pencari akan kita rasakan. 

Kesimpulannya adalah; untuk mendapatkan pengunjung blog baru lebih baik dan paling realistis adalah mencarinya dengan sosial media, sampai di dapat trafik yang bisa mengenalkan postingan kita dengan mesinpencari. Lalu langkah selanjutnya adalah buat artikel pendukung artikel lama, dimaksudkan agar searc engine lebih gampang mengenali artikel kita.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »