Cara Menggunakan Twitter Lite Agar Hemat Kuota Data

Mei 08, 2017
Twitter saat ini memang sudah tidak sepopuler dulu dimana jumlah tweet per detik berbeda jauh dibandingkan tahun 2009-2013.

Namun jangan salah, untuk beberapa tahun mendatang banyak yang memprediksi twitter masih bisa bertahan kok bahkan lebih panjang lagi.

Hal ini terlihat dari banyaknya orang-orang penting yang masih menggunakan twitter, seperti presiden, aktris, pengusaha top dunia, dan publik figur lainnya.

Karena masih cukup mendominasi pasar, twitter belum lama ini meluncurkan aplikasi yang lebih ringan yaitu twitter versi lite.

sumber gambar: fakta.co.id

Aplikasi lite biasanya lebih ringan dan ramah memori. Ini cocok untuk smartphone dengan memori minim dan koneksi internet yang lambat.

Bayangkan saja rata-rata aplikasi yang ada di playstore berkapasitas 40-50 Mb. Dengan versi lite kapasitasnya bisa di pangkas hanya 1 sampai 5 Mb saja, wow...super kan.

Nah, begitu juga dengan aplikasi lite twitter yang hanya berkisar 1 Mb. Twitter lite berbasis website sehingga pengguna tidak perlu memasang aplikasi di smartphone android maupun komputer.

Lalu bagaimana cara menggunakan twitter lite ini?

Untuk menggunakan twitter versi lite caranya sangat mudah kita hanya perlu membuka pada alamat mobile.twitter.com. Jika sudah login seperti biasa dengan memasukan nama/email dan kata sandi.

Maka kamu akan mendapati tampilan twitter yang sama dengan tampilan twitter di aplikasi seperti tampilan tata letak fitur "mention", "direct message" dan yang lainnya.

Bagaimana cara menghemat data menggunakan twitter lite?

Enaknya menggunakan twitter versi lite ini kita bisa menghemat kuota data hingga 70% namun sebelumnya harus mengaktifkan fitur “penghemat data” atau data server.

Cara mengaktifkan “penghemat data

Silahkan klik profil atau foto profil akun milik kamu maka tak lama akan muncul di menu. Apabila menu tersebut belum muncul silahkan refresh browser smartphone atau komputer kamu.

Seperti di kutip dari saibumi.com. Mengaktifkan data saver akan membuat foto dan video di lini massa pada tampilan pratinjau, gambar kabur dengan informasi berapa ukuran foto atau video tersebut.

Bila ingin melihat foto atau video, pengguna cukup mengetuk ikon "unduh" di tengah foto/video.

Menurut Dwi, Twitter Lite dapat dibuka di browser mana pun. Bila menggunakan Google Chrome, pengguna dapat memilih opsi "save to my home screen", ikon Twitter Lite akan muncul di ponsel seperti bila memasang aplikasi.

Nah, itulah cara menggunakan twitter versi lite yang bisa menhemat kuota data hingga 70%. Semoga pos ini bermanfaat untuk kamu para penggemar jejaring sosila Ini. Aamiin.

Mungkin kamu tertarik : cara menambah jumlah follower twitter gratis dan aman

Artikel Terkait

Previous
Next Post »