Cara Mengatasi Akun Adsense yang Disusupi Orang Lain

Desember 22, 2016
Siapa yang tidak kenal adsense?, jika kamu seorang blogger atau praktisi online pastinya sudah tidak asing lagi dengan layanan periklanan online milik google ini.

Wajar saja, adsense sangat terkenal karena berbagai keuntungan yang bisa kita dapatkan jika berhasil diterima. Dan jika diterima biasanya terbayang bagaimana cara memasang iklan di blog sehingga menghasilkan jutaan rupiah perbulan darinya.

Sehingga gak jarang juga adsense dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan dengan memanfaatkan blog maupun website.

Karena begitu terkenal dan potensialnya, tak jarang ada pihak-pihak yang berniat jahat melakukan hack terhadap akun adsense yang produktif. Biasanya akun yang memiliki penghasilan yang sangat besar dari jumlah klik yang di dapat.

cara mengatasi google adsense yang di hack

Masa sih?, bukankah akun adsense ini milik google sang raksasa internet!, gak mungkinlah ada orang yang bisa membajak akun adsense milik kita.

Memang itu menjadi isi pikiran kebanyakan blogger, terutama yang pemula kalau sebuah akun google gak mungkin bisa dibajak.

Perlu diperhatikan bahwa google adalah produk buatan manusia, sebagus apapun buatan manusia pastinya ada titik kelemahan juga, gak ada yang sempurna loh ya.

Diluaran sana banyak orang-orang yang genius di bidang hack yang dengan mata tertutup saja bisa membobol perusahaan teknologi yang sistem pertahanannya berlapis.

Bandingkan dengan akun email milik kita yang hanya terdiri dari beberapa karakter, yang menurut merek kecil untuk memecahkannya.

Apakah kamu sadar jika akun adsense sinkron dengan akun email, akun blogger, akun drive, g+, dan sebagainya. Dengan tujuan untuk menganalisis data sehingga memudahkan kita dalam menyusun strategi mencari uang lewat iklan.

Karena kemudahan ini juga menjadi peluang buat seseorang meracuni akun milik kamu. Karena kefleksibelitasannya tersebut maka sangat di mungkinkan jika akun adsense kamu bisa di curi atau di susupi oleh orang jahat.

Apa dampak jika akun adsense dimasuki oleh orang lain?


dampak negatif akun adsense yang di bobol

Banyak dampak negatif yang bisa terjadi kepada pemilik akun adsense jika akunnya berhasil dimasuki oleh orang lain seperti;
  1. Pencurian data
  2. Mencuri penghasilan adsense kamu
  3. Bahkan yang lebih parah adalah akun adsense milik kamu akan diambil  alih

Jika hal tersebut terjadi maka kamulah pihak yang paling dirugikan, sudah capek-capek membuat blog dan optimasinya, sudah lama-lama ngumpulin klik, eh uangnya di ambil orang lain. Sakit ya :).

Cara Mendeteksi

cara mendeteksi akun adsense yang di hack

Bagaimana cara mendeteksi apakah akun adsense milik kamu telah disusupi oleh orang lain atau belum?

Untuk mengetahui apakah akun kamu sudah kebobolan atau masih aman, bisa dilihat dengan cara-cara sederhana seperti yang saya peroleh dari adsense.googleblog.com.

Jika ada tanda-tanda seperti ini, kamu wajib was-was atau mesti melakukan sesuatu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dimasa mendatang, berikut ciri-cirinya;
  1. Terjadi penarikan dana dari akun adsense milik kamu
  2. Ada kunjungan yang tidak wajar terhadap akun adsense milik kamu
  3. Pengaturan keamanan adsense kamu telah diperbarui padahal kamu tidak merasa melakukannya
  4. Ada notifikasi ke email bahwa terjadi pembaruan terhadap akun adsense milik kamu
  5. Yang paling parah, kamu tidak bisa login ke akun adsense
Jika kamu telah mengalami hal-hal diatas dan terindikasi kemungkinan telah terjadi penyusupan, maka bersegeralah melakukan tindakan yang bisa menyelamatkan sumber penghasilan kamu (adsense :D).

Berikut langkah-langkahnya;
  1. Jalankan scan malware pada perangkat kamu (laptop, smartphone, pc) maupun perangkat apa pun yang biasanya kamu gunakan untuk mengakses adsense.
  2. Kunjungi halaman pemecahan masalah yang di sediakan oleh google. Ini sangat membantu jika akun adsense milik kamu terkunci dan gak bisa di buka
  3. Ganti password kamu menjadi lebih kuat (kombinasikan huruf, karakter, dan angka. Kalau saya sih minimal 15 karakter)
  4. Aktifkan “2 langkah verifikasi” berupa penambahan nomor handphone, etc. 

Jika akun kamu gak bisa terbuka, lakukan mulai dari langkah ke 2 diatas, jika sudah berhasil masuk perkuat keamanan akun kamu di myaccount.google.com, lakukan peninjauan keamanan akun kamu.

Dihalaman tersebut gunakan fitur spesialisasi masalah adsense, selidiki apa yang terjadi pada akun milik kamu. Jika ada hal-hal yang mencurigakan lakukan atau komunikasikan ke langkah selanjutnya ke pihak google termasuk laporan investigasi dan opsi penggantian biaya.

Cantumkan juga;
  • Bukti bahwa akun kamu bermasalah (Bukti identitas dan alamat kamu menggunakan dokumen yang bisa diterima)
  • Bukti pembayaran adsense yang kamu tidak merasa melakukan hal tersebut seperti ; (salinan cek, Western Union penerimaan atau bank statement penunjuk deposit EFT AdSense terbaru).
  • URL halaman situs kamu sebagi penguji bahwa kamulah pemilik situs/akun yang sah

Jika langkah-langkah diatas sudah kamu lakukan, tunggu konfirmasi dari pihak google jika kamu memang benar-benar mengalami kerugian akan kejadian ini. Saran saya juga banyak berdoa ya.

Mungkin kamu juga tertarik dengan postingan ini: cara menambah saldo paypal

Nah demikianlah postingan play blog’s kali ini tentang “Cara Mengatasi Akun Adsense" yang disusupi orang lain, semoga bisa membantu kamu yang sedang mengalami masalah ini, salam.

Baca juga: rekomendasi dari google, mengenai cara memasang iklan di blog yang tepat

Sourch: adsense.googleblog.com yang telah dimodifikasi  

Artikel Terkait

Previous
Next Post »